No WiFi, No Data? Jangan Galau, Ini 10 Aktivitas Asik yang Masih Bisa Kamu Lakukan Tanpa Internet

Bingung dan mati gaya karena tak kunjung menemukan WiFi atau paket data kamu habis di akhir bulan ini? Keep clam, kamu masih bisa melakukan berbagai hal untuk mengatasi kegalauanmu tersebut. Berikut 10 aktivitas asik yang masih bisa kamu lakukan tanpa internet:

  1. Mendengarkan Radio
    Meskipun radio sudah tidak sepopuler dulu, namun masih banyak orang yang masih mendengarkan radio. Kamu bisa mengakses radio melalui smartphone-mu, di mobil atau radio tua milikmu di rumah. Mendengarkan musik-musik yang sedang hits, berita terkini hingga kondisi jalanan saat ini.
  2. Bersepeda
    Belum bayar tagihan WiFi atau paket data kamu habis, mending bersepeda ke luar rumah. Selain jalan-jalan untuk mencari udara segar, bersepeda pun menjadi salah satu olahraga yang baik untuk menambah staminamu. Bersepedalah di waktu yang tepat, seperti di pagi atau sore hari.
  3. Menonton TV
    Ya, alternatif lainnya kamu bisa menonton TV. Tonton film action atau komedi untuk menghibur dirimu, menonton acara kuis atau berita untuk menambah wawasanmu. Namun sangat tidak direkomendasikan untuk menonton sinetron yang minim makna di dalamnya.
  4. Bermain Games Offline
    Saat ini banyak sekali games di Android yang bisa kamu mainkan secara offline (tanpa koneksi internet), seperti Cut the Rope, Subway Surfers, BADLAND, Hitman Go, Temple Run, dll. Apakah di antara semua itu sudah ada yang pernah kamu mainkan?
  5. Membaca Buku
    Ya, ketika tidak ada koneksi internet, inilah saatnya kamu untuk membaca buku. Jika kamu pecinta novel, bacalah novel genre favoritmu, semisal komedi ada My Stupid Boss, atau romantis seperti Dilan. Tak hanya novel, buku tutorial, biografi, komik pun bisa kamu baca.
  6. Voice Recorder
    Coba sesekali kamu iseng merekam suaramu sendiri di smartphone, apakah suaramu terdengar lucu atau malah kamu jadi malu sendiri mendengarnya? Kamu pun bisa merekam suaramu saat bernyanyi, setelah itu kamu bisa menilai dirimu sendiri apakah kamu berbakat dalam menyanyi atau tidak?
  7. Memasak
    Bagi kamu pecinta kuliner, tidak salahnya untuk mencoba memasak (bukan hanya makan saja yaa). Banyak menu menarik maupun video tutorial yang ada di dunia maya. Coba sesekali kamu buat masakan tradisional atau makanan luar dengan gayamu sendiri. Memasaklah seolah-olah dirimu chef handal.
  8. Menulis
    Mungkin inilah saatnya kamu untuk fokus menulis, seperti menulis laporan pengeluaranmu bulan ini, menulis laporan skripsimu yang selama ini tertunda, membuat to-do list untuk hari ini atau mulailah menulis cerita terpendammu untuk dijadikan buku dan diterbitkan. Kamu pun bisa kirim tulisan ke Meltik dan diapresiasi dengan sejumlah uang.
  9. Mendengarkan Musik
    Selain mendengarkan musik di Radio, kamu pun bisa mendengarkan musik yang ada di smartphone-mu. Mendengarkan lagu favoritmu, lagu galau hingga lagu yang membuatmu semangat kembali. Coba lihat juga playlist-mu saat sekolah dulu, apakah masih ada? Bernostalgialah ke masa-masa itu.
  10. Hangout
    Terakhir adalah hangout bersama keluarga atau teman-temanmu. Pergi berbelanja atau makan bersama teman-temanmu, mengobrol dan tanyakan kabar mereka saat ini. Silahturahmi memiliki kekuatan yang sangat besar, meluaskan relasi pertemanan dan juga membuatmu bahagia.

Jadi, sekarang jangan galau lagi yaa meskipun tidak ada koneksi internet. Selain aktivitas asik di atas, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika tidak ada koneksi internet. Okay, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat sekaligus mencerahkanmu yaa. Terima kasih.

Ray Indra Taufik Wijaya

Content Writer and Founder of MELTIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *