Ini Dia 10 Hal yang Musti Kamu Persiapkan Menjelang Bulan Puasa Tiba

7 Shares

Ramadhan tiba semua bahagia. Tua dan muda bersuka cita. Bulan ampunan bulan yang berkah. Bulan terbebas api neraka. (Opick)

Bulan puasa atau Ramadhan sebentar lagi, tinggal menghitung waktu tiba. Bulan penuh keberkahan yang menuntut umat muslim untuk tidak hanya menahan lapar dan dahaga, namun juga menahan diri dari segala larangan-Nya, seperti berkata kotor, memandang lawan jenis, bergosip dengan ibu-ibu tetangga, boros, dll. Lalu apa saja yang harus kita persiapkan? Berikut 10 persiapan menjelang bulan puasa tiba:

  1. Puasa Sunnah
    Hal pertama yang musti kamu persiapkan adalah latihan dengan cara berpuasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis, Dawud, dsb. Puasa sunnah ini dilakukan agar nanti saat puasa tiba di Bulan Ramadhan tidak lagi kaget, karena tubuh sudah terbiasa dan bisa menyesuaikan diri.
  2. Membeli Bahan-Bahan Pokok
    Hal penting lainnya adalah membeli bahan-bahan pokok untuk keperluan di bulan Ramadhan nanti, seperti ayam, cabai, daging, sayuran, dsb. Hal ini untuk menghindari kenaikan harga yang akan naik setiap bulan puasa tiba. Belilah barang-barang pokok sebelum kenaikan terjadi.
  3. Tadarus Al-Qur’an
    Ya, tadarus Al-Qur’an setiap selesai shalat atau di sela-sela waktu senggang di kantor/sekolah. Di era seperti ini, kamu bisa mengunduh aplikasi Al-Qur’an di smartphone-mu, tanpa harus membawa Al-Qur’an. Semoga dengan melakukan ini akan membiasan dirimu bertadarus Al-Qur’an saat Ramadhan nanti.
  4. Membeli Tiket untuk Pulang Kampung
    Jika kamu seorang perantau dan rindu dengan sanak saudara keluarga di kampung halaman, kamu wajib membeli tiket pesawat/kereta/bis jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. Hal ini dilakukan untuk menghindari kehabisan tiket. Apakah kamu sudah membeli tiketnya?
  5. Perbanyak Sedekah
    Sedekah adalah sesuatu yang sederhana, namun beberapa orang sulit untuk melakukannya. Sisakan uang sakumu untuk bersedekah di masjid atau transfer sebagian gajimu untuk panti jompo atau organisasi kemanusian dan sosial, seperti ACT, Dompet Dhuafa, dsb.
  6. Meningkatkan Stamina
    Saatnya kamu berolahraga untuk meningkatkan stamina. Banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setiap pagi, seperti jogging atau push up. Jangan melakukan olahraga terlalu keras, karena ditakutkan akan menimbulkan cedera dan hal-hal buruk lainnya. Lakukan dengan santai dan menyenangkan.
  7. Membeli Perangkat Ibadah
    Mungkin ada anggota keluargamu yang kekurangan perangkat ibadah, seperti sarung atau sajadah. Jangan sampai nanti saat akan melakukan shalat berjamaah atau shalat tarawih di masjid, kamu atau keluargamu tidak memiliki sarung atau peci untuk shalat.
  8. Ajarkan Anak-anak untuk Berpuasa
    Jika kamu sudah memiliki anak atau keponakan, ajarkan mereka untuk mulai berpuasa sejak dini. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengenalkan ibadah puasa pada mereka. Kamu bisa mengajarkan mereka puasa hingga dzuhur atau ashar. Jelaskan pula kepada mereka makna dari berpuasa.
  9. Menjaga Kesehatan
    Hal penting lainnya adalah menjaga kesehatan, jangan sampai ketika puasa tiba, tubuhmu malah drop atau kamu terkena flu berat. Jaga pola tidurmu (jangan begadang), jaga asupan makananmu dengan makanan sehat dan juga makan tepat waktu.
  10. Bertaubat
    Tidak hanya menjaga kesehatan, hatimu pun perlu dijaga. Hal terakhir yang paling penting adalah membersihkan hatimu sebelum puasa tiba, yaitu dengan cara bertaubat. Semoga dengan bertaubat akan membuat hati kita menjadi tenang dan nanti puasa kita pun diterima, aamiin.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, silakan share atau berikan komentar. Terima kasih.

7 Shares

Ray Indra Taufik Wijaya

Content Writer and Founder of MELTIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *