Ini Dia 12 Aplikasi Open Source Gratis yang Bisa Kamu Download Secara Legal

3 Shares

Aplikasi yang memiliki perfoma dan kualitas bagus terkadang memiliki harga yang selangit, dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga menentukan kualitas, namun kini sudah banyak aplikasi gratis dan legal berkualitas yang kita kenal dengan aplikasi open source. Pengguna bisa mengunduh aplikasi open source secara gratis dan legal. Berikut 12 aplikasi alternatif yang bisa kamu download secara legal:

  1. Alternatif Microsoft Office: LibreOffice
    Microsoft Office terbaru memiliki mekanisme baru yaitu dengan cara berlangganan, dan ada pula yang dibeli sekali seperti Microsof Office Home and Student 2016 yang seharga 1.800.000. Maka alternatif murahnya, bahkan gratis adalah kamu menggunakan LibreOffice yang fiturnya hampir sama dengan Microsoft Offfice karena mantan pegawai Microsoft yang menciptakan aplikasi LibreOffice ini. Penasaran? Coba saja.
  2. Alternatif IDM: FDM
    Siapa kira aplikasi IDM yang banyak digunakan itu sebenarnya berbayar. Dibandingkan harus men-download secara ilegal yang rawan disusupi malware, lebih baik kamu pilih aplikasi legal macam FDM yang tak kalah cepatnya untuk mendownload.
  3. Alternatif WinRAR: 7zip
    Aplikasi ini berguna untuk mengkompres atau membuat file berjenis rar, zip, dsb. Selain alternatif WinRAR yang berbayar, kamu bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi gratis 7zip yang fungsinya sama.
  4. Alternatif OS Windows: Linux
    Windows original dengan harga selangit mungkin sangat tidak ramah di kantong kita yang tipis, lebih baik kamu coba salah satu OS open surce yaitu Linux yang tak kalah kerennya.
  5. Alternatif Adobe Dreamweaver: KompoZer
    Apakah kamu seorang pelajar jurusan komputer atau proggramer profesional yang selalu bergelut dengan coding. Alternatif aplikasi editor WYSIWYG yang sangat saya rekomendasikan adalah KompoZer atau Notepad++ jika kamu ingin tampilan yang sederhana.
  6. Alternatif Adobe Photoshop: GIMP
    Kamu seorang fotografer atau desain grafis yang selalu bergelut dengan aplikasi-aplikasi seperti Adobe Photoshop, namun aplikasi ini sangatlah mahal. Jadi, alternatifnya kamu bisa menggunakan aplikasi open source dari GIMP.
  7. Alternatif Visual Paradigm: yEd Graph Editor
    Aplikasi Visual Paradigm memang handal dalam membuat diagram, flowchart, UML, dsb. Namun ada alternatif lainnya yang bisa kamu coba, yaitu yEd Graph Editor.
  8. Altermatif Corel Draw: Inkscape
    Seperti pada poin ke-6, jika bidangnya dalam dunia grafis. Kamu bisa mencoba Inkscape sebagai alternatif lain dari Coreal Draw yang mahal.
  9. Alternatif Adobe Reader: Foxit Reader
    File PDF sudah umum saat ini, membaca eBook, laporan, hingga CV. Maka kamu membutuhkan aplikasi untuk membacanya, kamu bisa memilih Foxit Reader sebagai alternatifnya.
  10. Alternatif iMovie: Filmora
    Aplikasi edit video yang ada di iOS milik Apple ini superduper keren. Kamu pengguna Windows pun bisa mencoba Filmora sebagai alternatif untuk meng-edit video.
  11. Alternatif Wattpad: Storial
    Mungkin ini bukan aplikasi open source tetapi lebih condong ke website. Meskipun begitu, Storial sebagai tempat menulis cerita buatan anak negeri ini bisa menjadi alternatif Wattpad. Storial pun memiliki aplikasi tersendiri yang bisa kamu download di Google Play Store.
  12. Alternatif Kickstarter: Kitabisa
    Terakhir, sama seperti pada poin ke-11. Kitabisa adalah sebuah situs crowdfunding (penggalangan dana) milik anak negeri, mulai dari penggalangan dana untuk project membuat game, film hingga kemanusiaan. Kitabisa adalah alternatif dari Kickstarter yang bisa kamu coba gunakan untuk menggalang dana.

Okay, cukup sekian untuk bahasan teknologi kali ini. Jangan lupa follow yaa untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya. Jika kamu mengetahui aplikasi gratis dan legal lainnya, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

3 Shares

Ray Indra Taufik Wijaya

Content Writer and Founder of MELTIK

2 thoughts on “Ini Dia 12 Aplikasi Open Source Gratis yang Bisa Kamu Download Secara Legal

  • 01/11/2017 at 06:37
    Permalink

    gan, coba sekalian share link aksesnya dong. Telimikici 😘

  • 01/11/2017 at 20:44
    Permalink

    Okay siapp, nanti akan kami update artikelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *