12 Istilah yang Mayoritas Orang Sering Salah Kaprah

Salah kaprah dalam penggunaan kata-kata mungkin terdengar sepela, namun tidak baik juga jika terus dilakukan. Apakah kamu pernah mendengar orang mengucapkan nomor teleponnya dengan angka kosong? Atau mendengar temanmu mengucapkan flashdisk? Atau mungkin kamu sendiri yang mengucapkannya? Itu jelas salah kaprah, maksud salah kaprah di sini itu adalah dalam penggunaannya yang kurang tepat atau salah dalam memahami istilah itu sendiri. Berikut 12 istilah yang mayoritas orang sering salah kaprah:

  1. Nol vs Kosong
    Keduanya jelas berbeda dan masing-masing memiliki fungsinya tersendiri. Nol itu ada nilainya, sedangkan kosong itu tidak ada nilainya. Masih ingatkah kamu tentang bilangan biner 1 dan 0 (baca: nol)? Jika ditanya nomor telepon, gunakan kata nol ketimbang kosong yang jelas-jelas salah. Mungkin istilah kosong digunakan untuk suatu keadaan yang tidak ada apa-apa, semisal kotak itu isinya kosong (empty).
  2. Dokter vs Doktor
    Nah, ini juga sering banyak orang yang sering salah kaprah. Dokter itu adalah seseorang yang mengenyam pendidikan kedokteran dalam bidang kesehatan. Sedangkan, Doktor adalah seseorang yang sudah mengenyam pendidikan paling tinggi yaitu Strata 3 (S3). Sedangkan untuk penulisan gelarnya, untuk dokter itu dr dan untuk doktor itu Dr. Dokter bisa menjadi seorang doktor juga jika dia sudah mengenyam pendidikan hingga tingkat S3, namun bukan berarti keduanya sama.
  3. Flashdisk vs Flashdrive
    Istilah ini pun sering orang gunakan dan salah kaprah. Saya tegaskan bahwa istilah Flashdisk itu tidak ada sama sekali, jadi yang dimaksud itu Flashdrive, bukan Flashdisk. Karena jika ada kata disk, berarti terdapat sebuah cakram (contohnya Floppydisk dan DVD).
  4. Grammy vs Emmy
    Grammy itu adalah sebuah penghargaan bergengsi untuk industri musik di Amerika Serikat, sedangkan Emmy itu penghargaan untuk industri pertelevisian di Amerika Serikat. Keduanya adalah ajang yang diselenggarakan secara internasional karena melibatnya banyak negara. Walaupun keduanya memiliki nama yang hampir sama, namun keduanya jelas berbeda. Jadi, jangan salah atau tertukar lagi yaa.
  5. Marvel Comic vs DC Comic
    Keduanya adalah pelopor lahirnya para superhero lewat komik-komiknya yang ikonik, namun keduanya jelas berbeda. Marvel didirikan pertama kali oleh Martin Goodman pada tahun 1939, sedangkan DC dirikan oleh Malcolm Wheeler-Nicholson lebih awal pada tahun 1934. Keduanya didirikan pada masa Perang Dunia Ke-2 dan para tokohnya seperti Captain America hingga Superman sering dijadikan sebagai propaganda dalam mendukung perang dan perpolitikan dunia saat itu. Marvel memiliki grup superhero bernama Avengers yang bermarkas di Stark Tower dan di-support oleh Organisasi bernama SHIELD, sedangakan DC memiliki Justice League yang bermarkas di Justice League Sattelite dan di-support oleh STARS. *CMIIW
  6. Indonesia vs Bali
    Istilah ini sering salah kaprah oleh sebagain orang luar (bukan Indonesia), mayoritas mereka salah dengan anggapan bahwa Bali itu adalah sebuah negara. Kenyataannya, Bali itu adalah sebuah provinisi dan bagian dari negara Indonesia. Mungkin mayoritas orang luar lebih mengenal Bali, ketimbang Indonesia itu sendiri karena kepopulerannya sebagai destinasi liburan dan wisata. Jadi, buat para turis asing jangan salah kaprah lagi yaa. Bali itu masih bagian dari Indonesia.
  7. Miss Universe vs Miss World
    Poin ketujuh kali ini juga sering banyak orang yang sering bingung dan tertukar. Keduanya memang sebagai kontes ajang kecantikan bertaraf internasional, namun kedunya berbeda. Miss Universe sendiri didirkan pada tahun 1952, sedangkan Miss World dirikan oleh Eric Morley pada tahun 1951. Kalau di Indonesia calon Miss Universe itu disebut Putri Indonesia, sedangkan calon Miss World disebut Miss Indonesia. Jadi, jangan salah dan tertukar lagi yaa.
  8. Jam vs Pukul
    Kedua istilah ini pun sering salah digunakan oleh media maupun orang kebanyakan. Jam itu adalah ukurannya, sedangkan pukul itu untuk menyatakan waktu. Contoh sederhananya: Berapa jam kamu menunggu Bis? Satu jam. Pukul berapa sekarang ini? Pukul 07 pagi.
  9. Aktris vs Aktor
    Ini pun sering disalah gunakan, meskipun jelas semua orang tahu kedua artinya. Aktris maupun Aktor adalah public figure yang dikenal oleh khlayak umum, mayoritas dari televisi (pementasan drama/teater juga). Namun kebanyakan orang akan menyebut aktris (kebanyakan diucapkan salah artis) untuk semua yang berjenis kelamin perempuan maupun laki-laki.
  10. Kapital vs Huruf Besar
    Kapital itu seperti INI, sedangkan huruf besar itu sulit untuk dijelaskan. Sebesar apa hurufnya? Sebesar sampai menutupi buku tulis, sebesar gedung DPR atau sebesar apa? Jadi penggunaan yang tepat adalah huruf kapital, berikut ini contoh kata yang berawalan huruf kapital: Rumah.
  11. Anime vs Kartun
    Anime dan Kartun, keduanya adalah sama-sama animasi namun keduanya berbeda. Anime berasal dari Jepang, sedangkan kartun berasal dari Amerika Serikat. Gaya cerita dan penggambarannya pun berbeda, mereka masing-masing memiliki gayanya sendiri. Contoh anime yang populer adalah One Piece, sedangkan kartun contohnya adalah Tom & Jerry. Dilihat dari contohnya, berbeda sekali bukan?
  12. T-shirt vs Shirt
    T-shirt itu tak memiliki kancing, sedangkan Shirt memiliki kancing. T-shirt contoh simple-nya adalah kaos oblong dan Shirt itu kameja. Oiya, shirt pun memiliki kerah sebagai pembeda. Entahlah, dunia fashion berkembang cepat saat ini, mungkin saja nanti ada T-shirt yang berkancing atau Shirt yang menyerupai kaos.

Bagaimana menurut kamu istilah-istilah di atas? Ada benarnya juga, kan? Kita masih sering menggunakan istilah-istilah di atas secara tidak tepat atau salah kaprah. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menambah wawasan kita tentang pemahaman tentang pentingnya penggunan kata-kata yang tepat. Terima kasih.

Ray Indra Taufik Wijaya

Content Writer and Founder of MELTIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *