Selain Kawah Putih, Berikut 5 Tempat Antimainstream yang Bisa Kamu Kunjungi di Bandung Selatan

Mungkin tempat wisata macam Kawah Putih atau Situ Cileunca di Pangalengan sudah terlalu mainstream. Bukan berarti saya tidak mengapresiasi, tetapi saya hanya menyarankan kamu untuk mencoba tempat-tempat yang tak biasa di Bandung Selatan yang musti kamu coba untuk dikunjungi:

  1. Makam Karel Albert Rudolf Bosscha
    Photo by Iqronaldo

    Mungkin ketika mendengar kata makam, identik dengan tempat angker. Tapi jangan berpikiran seperti itu dulu, makam Bosscha ini terletak di Pangalengan dengan pemandangan yang indah dan udaranya yang sejuk. Selain bisa melihat pemandangan indah, kamu pun bisa berjiarah ke makam sana untuk mengingat bahwa kematian itu kepastian yang tak bisa terbantahkan. Kamu tahu kenapa makam ini tidak dihancurkan? Sekalipun beliau seorang penjajah Belanda? Beliau adalah seorang peneliti dan orang baik tentunya yang peduli pada warga pribumi, jadi orang baik seperti beliau pasti dihormati dan dikenang jasa-jasanya.

  2. Berburu Kuliner di Pasar Tradisional Pangalengan
    Poto by Wignyo Hery Susanto

    Salah satu hal istimewa dan terkenal dari Pangalengan adalah susunya. Kamu tahu susu nasional, yang ada rasa murni, coklat dan stroberi? Itu diproduksi dari sana. Selain susunya, di pasar tradisionalnya terdapat sebuah warung yang menjual ketan dan kue balok yang superyummy langganan orangtua saya ketika masih dibangku sekolah dulu. Nikmat, apalagi dimakan saat masih hangat.

  3. Mandi Air Panas di Tempat Warga Lokal
    Photo by Dwi Lestari Yuniawati

    Mungkin pemandian air panas cimanggu, ciwalini atau cibolang sudah terlalu mainstream. Coba deh kamu cari kamar mandi warga lokal di daerah Ciwidey (saya lupa tepatnya di mana?) yang airnya terus mengalir langsung dari sumber air panasnya. Duh, selain bisa relaksasi, gratis pula dan konon airnya pun bisa menyembuhkan penyakit kulit juga.

  4. Track Menantang Sembari Melihat Pemandangan Hijaunya Kebuh Teh
    Photo by Liputan6

    Kali ini saya akan memberi tahu sebuah jalan rahasia menuju Ciwidey, coba kamu tanya ke warga sekitar. Jalan alternatif menuju Ciwidey agar terhindar dari macet superpanjang apalagi saat masa-masa liburan. Jalannya sangat berbatu, kerikikil kecil sampai batu-batu besar namun itulah tantangan serunya. Saya tidak menyarankan untuk mobil biasa, saya menyarankan untuk menggunakan mobil macam jeep atau beroda besar untuk melelawati jalan ini. Selain jalanan yang menantang, kamu pun akan disuguhi dengan pemandangan kebun teh hijau yang indah di sepanjang perjalanan.

  5. Goa Belanda di Gunung Puntang
    Photo by Loka Avontur

    Selain terkenal sebagai tempat pendakian dan juga perkemahan bagi para pelajar. Tempat ini pun memiliki sebuah goa, tempat penjajah Belanda berlindung saat berperang melawan kita dulu. Mungkin terdengar mengerikan, tetapi jika kamu pecinta tempat-tempat horror seperti goa. Tempat ini wajib kamu kunjungi bersama teman-temanmu, jangan sendirian yaa.

    Nah, gimana tempat-tempat antimainstream-nya? Setidaknya kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata di atas yang jarang dikunjungi dan menikmati sensasi perbedaannya. Selain untuk rekreasi, tempat-tempat di atas pun bisa kamu jadikan sebagai refrensi untuk belajar tentang sejarah nusantara dulu dan juga bersyukur akan keindahan yang telah Dia ciptakan di sana.

Ray Indra Taufik Wijaya

Content Writer and Founder of MELTIK

One thought on “Selain Kawah Putih, Berikut 5 Tempat Antimainstream yang Bisa Kamu Kunjungi di Bandung Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *