Ke Bangka, Tak lengkap Rasanya Jika Belum Berselfie Bersama Penyu!

28 Shares

Oleh: Zivana Sabili

Pulau Bangka
Pulau Bangka

Pulau Bangka memang sangat dikenal karena timahnya. Akan tetapi tahukah kamu bahwa Pulau Bangka ini pun memiliki hamparan laut yang sangat indah? Dari Pantai Pasir Padi, Pantai Tikus hingga Pantai Tongaci, kita dapat menyaksikan sendiri keindahan laut dan pesisirnya, bak pesona yang dibisikkan syair lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Terancamnya Populasi Penyu di Pulau Bangka

Salah satu wujud bentuk kekayaan yang dimiliki Pulau Bangka adalah banyaknya populasi penyu di sekitar pesisir pulau. Penyu-penyu ini biasanya menetaskan telurnya di pantai, kemudian berkelana ke laut lepas. Sayangnya, populasi penyu di Bangka terancam punah dengan maraknya perburuan liar. Untuk mempertahankan populasi penyu, kini dibangun sejumlah tempat penangkaran di pulau Bangka. Salah satu yang cukup dikenal adalah penangkaran Tukik Babel.

Lokasi pusat konservasi penyu Tukik Babel ini berada di pinggir Pantai Tongaci, Sungailiat, Bangka. Untuk masuk ke pantai dan melihat area konservasi penyu, pengunjung cukup membayar karcis masuk sebesar Rp5.000,- per orang. Pusat konservasi ini juga dikelilingi oleh berbagai atraksi dan tempat hiburan lain seperti Museum Garuda dan Patung Terracota yang bisa dikunjungi siapa saja. Akan tetapi, area konservasi Tukik Babel tetap menjadi tempat wisata paling menarik di lokasi ini.

Di dalam area konservasi, pengunjung dapat melihat dua jenis penyu, yakni penyu hijau (Chelonia midas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata). Penyu-penyu ini dipisah di beberapa tempat berbeda, sesuai dengan kategori usianya. Penyu-penyu yang belum menetas ditempatkan di area penetasan, kemudian setelah menetas mereka akan dipindahkan ke kolam khusus, di mana mereka akan dirawat dan diberi makan berupa pelet khusus pakan penyu. Saat mereka sudah lebih besar, mereka dipindahkan dari kolam ke area terbatas di tepi laut dangkal di mana mereka akan belajar mencari makanan sendiri. Kemudian, saat mereka sudah siap, mereka akan dilepaskan kembali ke laut bebas.

Berfoto Selfie Bersama Para Penyu

Selain mendapatkan beragam informasi yang bersifat edukatif mengenai penyu dari poster-poster yang dipajang di lokasi tersebut, di pusat konservasi penyu Tukik Babel ini pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang kolam berisi penyu. Jika ingin menghasilkan foto yang terlihat lebih natural, pengunjung dapat pula berjalan ke arah jembatan kayu untuk mendapatkan foto penyu yang sedang berenang di laut dangkal sekitar pantai. Pengunjung juga bisa melihat secara langsung ketika penyu-penyu lucu ini diberi makan oleh petugas. Seru, ya!

Wisata ke penangkaran penyu memang tidak terlalu lazim, namun tentunya sangat unik dan berkesan. Terlebih lagi, kita akan menjadi semakin paham akan pentingnya menjaga kelestarian hewan laut yang amat spesial ini. Tertarik untuk menyapa para penyu? Mari berwisata ke Pulau Bangka!

28 Shares

Meltik

Admin Meltik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *