Cara Mudah Mencari Jurnal di Google Scholar Berdasarkan Tahun Terbit

Pengertian Google Scholar

Google Scholar atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Google Cendekia adalah sebuah layanan online pencarian untuk refrensi buku-buku elektronik (eBook), seperti jurnal, makalah, publikasi ilmiah, dsb.

Google Scholar, seperti namanya adalah layanan milik Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Jadi intinya, Google Scholar ini mempermudah bagi kamu para pelajar, mahasiswa dan juga dosen/guru untuk mencari refrensi dari dalam negeri maupun luar negeri.

Mencari Refrensi Berdasarkan Tahun Terbit

Lalu bagaimana jadinya jika kita ingin mencari refrensi berdasarkan tahun terbitnya, semisal dosen atau pembimbing skripsi/tesis kamu memberikan sebuah syarat bahwa sumber refrensi hanya dibolehkan untuk terbitan di atas tahun 2010 saja.

Jangan bingung atau panik dulu, karena kali ini Meltik secara khusus akan memberikan tips cara mudah untuk mencari jurnal atau refrensi berdasarkan tahun terbit, berikut caranya:

  1. Pertama, kunjungi situs Google Scholar di sini,
  2. Lalu, ketikkan kata kunci yang ingin kamu cari, semisal: marketing mix, perbedaan hukum pidana dan perdata atau pengertian sistem informasi, dll,
  3. Setelah itu pilih Custom Range yang ada di sebelah kiri, masukkan rentang waktu tahun yang kamu inginkan, semisal tahun 2010 hingga tahun 2017,
  4. Klik search untuk memulai pencarian,
  5. Maka akan ditampilkan beberapa refrensi dari jurnal, makalah hingga karya ilmiah dari luar maupun dalam sesuai dengan tahun atau kata kunci yang sudah kamu tentukan sebelumnya,
  6. Selain itu, kamu pun bisa mengunduh sumber refrensi tersebut ke dalam bentuk pdf atau word,
  7. Okay selesai, selamat bereksplorasi untuk mencari refrensi yang kamu butuhkan.

Apakah kamu sudah mengerti cara mencari refrensi berdasarkan tahun terbitnya? Oiya, tidak semua refrensi free (gratis) karena ada beberapa situs luar yang diharuskan untuk membayar saat akan mengunduh. Jika ada yang gratis, kenapa kita harus mencari yang berbayar? Jadi pintar-pintarlah dalam memilih dan mencari refrensi yang kamu butuhkan.

Okay, cukup sekian untuk bahasan Teknologi kali ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya seputar Google Scholar, silakan tulisakan pertanyaanmu di kolom komentar. Terima kasih.

Ray Indra Taufik Wijaya

Content Writer and Founder of MELTIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *