Selop Mungil Jan Ethes yang Menggemaskan

jan ethes
Jan Ethes via Liputan6.

Siapa yang tidak tau Jan Ethes Srinarendra? Ya, cucu pertama Presiden Jokowi dari putra sulungnya, yaitu Gibran Raka Buming. Putra sulung Presiden Jokowi ini menikah dengan seorang  Putri Solo bernama Selvi Ananda pada tahun 2015 silam. Dari pernikahan ini lahirlah seorang putra pada tanggal 10 Maret 2016 yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra.

Nama yang cukup unik dan belum banyak digunakan oleh orang Jawa kebanyakan. Jan bisa dimaknai dengan ‘sangat’, dan kata ini jarang digunakan sebagai sebuah nama, biasanya hanya dalam percakapan saja. Kemudian Ethes berarti ‘cekatan’. Sama halnya dengan JanEthes pun jarang digunakan sebagai nama. Sementara Sri Narendra berarti ‘pemimpin yang cerdas’.

Jan Ethes Dibuatkan Selop Mungil

Cucu Jokowi, Jan Ethes juga ikut mengenakan selop yang dibuat khusus oleh Agustinus Lasmono, perajin selop asal Kelurahan Gilingan, Surakarta. Selop berwarna hitam mengkilap untuk Jan ini terlihat sangat Kawaii alias mungil nan lucu. Keluarga Presiden Joko Widodo memesan Selop untuk digunakan pada pesta pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution pada 8 November yang lalu. Selop merupakan sandal untuk pria yang digunakan setelah pakaian tadisional adat Jawa.

Selop untuk Jan Ethes ini ukuran 17″ kata Lasmono saat ditemui pada Ahad 5 September 2017. Ukuran itu memang jamak digunakan untuk anak di bawah usia lima tahun. “Kemarin juga sudah dicoba dan memang pas,” jawabnya. Sepasang selop itu terbuat dari kulit sapi. Bagian luarnya hitam mengkilap. Sedangkan bagian alas berlapis beludru warna hitam. Sedangkan dalamnya dibalut busa dan kain puring agar nyaman di kaki. Sedangkan di bagian belakang terdapat tali yang dilengkapi karet. “Untuk anak kecil biasanya diberi tali agar tidak mudah lepas,” katanya. Selain untuk Jan Ethes, Lasmono juga membuat selop untuk Jokowi, Gibran serta Kaesang. “Modelnya juga seperti selop kebanyakan, hanya dalamnya diberi busa agar lebih nyaman,” katanya.

Sumber gambar cover: Line Today

3 thoughts on “Selop Mungil Jan Ethes yang Menggemaskan

  • 28/11/2017 at 20:03
    Permalink

    gemesssh sangeeet 😘😘😘

  • 29/11/2017 at 00:56
    Permalink

    Arti nma yg unik dan langka di temui di masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *