Merasakan Suasana Romantis ala Film Twilight di Hutan Pinus Imogiri

Ditulis oleh Asri Lestari

Bosan karena selalu pergi ke tempat yang sama melulu, seperti ke bioskop atau cafe setiap weekend atau saat liburan tiba? Jika kamu pecinta film fenomenal Twilight yang digandrungi oleh banyak remaja di seluruh dunia, maka kamu pasti akrab dengan setting hutan yang menjadi tempat Bella Swan dan Edward Cullen memadu kasih. Kamu tidak perlu datang ke hutan Forks yang jauh di sana. Jika ingin merasakan sensasi sejuk, segar dan romantis hutan pinus ala Twilight, kamu bisa kunjungi salah satu tempat wisata hutan pinus di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Wisata Hutan Pinus Di Imogiri

Hutan ini mulai dikenal karena pemandangan yang indah sehingga banyak digunakan untuk syuting acara televisi, hunting foto hingga foto pre wedding yang sedang trend saat ini. Jika kamu, keluarga atau pasanganmu tertarik untuk datang ke destinasi wisata di Yogyakarta ini, maka kamu bisa mengikuti akses dari Yogyakarta menuju jalan Imogiri Timur hingga sampai ke makam raja-raja Imogiri. Lalu kamu bisa mengambil jalan ke arah Magunan hingga mencapai kawasan wisata tersebut.

Selain menawarkan keindahan hutan yang memiliki pesona menakjubkan di lahan yang memiliki luas sekitar 500 hektar ini, ada pula tumbuhan lain seperti pohon kayu putih, kemiri dan akasia. Kamu bisa menikmati pula situs air mata Bengkung atau melanjutkan perjalanan menuju ke puncak Becici yang tidak jauh dari kawasan hutan lindung yang dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan.

Puncak Becici sendiri menawarkan wisata rumah pohon yang akan membuat kamu bisa menikmati pesona senja di danau Kalibiru hingga pemandangan hutan pinus yang menghampar luas. Jadi, kamu benar-benar akan menikmati liburan menyenangkan di kawasan hutan lindung yang masih asri ini.

Tips Berlibur Ke Hutan Pinus Imogiri

Bagi kamu yang berasal dari luar kota dan tertarik mengunjungi destinasi wisata alam hutan kebanggaan pemerintah Yogyakarta ini, maka kamu wajib memperhatikan beberapa detail berikut ini.

  1. Pastikan kamu menyiapkan segala perlengkapan yang kamu butuhkan seperti bekal makanan dan minuman sebab belum ada penjaja makanan di dekat hutan. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan kotak P3K sebagai antisipasi jika terjadi kecelakaan kecil sebab kamu akan menjelajah hutan.
  2. Sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi sebab tidak ada kendaraan umum menuju ke tempat istimewa ini. Jika kamu naik kendaraan motor dua, maka kamu hanya perlu membayar sekitar Rp. 2.000-Rp. 3.000,- saja, sedangkan roda empat hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000-10.000,- saja.
  3. Perhatikan larangan yang ada selama kamu berkunjung ke hutan ini seperti dilarang membuang sampah sembarangan serta puntung rokok yang bisa mengakibatkan kebakaran hutan. Sebaiknya kamu membawa kantong plastik sendiri untuk menampung sampah sisa makanan dan minuman.
  4. Lebih baik mengunjungi hutan pinus imogiri ini pada waktu pagi hari sebab suasana yang asri dengan udara yang segar akan membuat kamu semakin fresh.
  5. Jika kamu belum pernah berkunjung ke sini sebelumnya, sebaiknya kamu mengajak teman yang pernah mengunjungi hutan wisata ini. Selain mempermudah kamu menemukan akses menuju hutan, kamu juga bisa lebih tenang sebab lajur jalan menuju hutan pinus imogiri ini cukup sulit sehingga dibutuhkan kemudi yang berpengalaman.
  6. Jika kamu berasal dari luar kota dan tertarik menikmati sensasi naik sepeda di jalanan perbukitan Dlingo yang mengular, maka sebaiknya kamu menyewa penginapan di sekitar Yogyakarta.

Beberapa tips melakukan perjalanan tersebut bisa kamu jadikan referensi jika tertarik mengunjungi spot keindahan alam di daerah Yogyakarta untuk liburan bersama keluarga atau hunting foto dan pre wedding. Jika kamu memang akan melakukan sesi pemotretan pre wedding, maka kamu wajib membayar Rp. 50.000,- di sana. Nah, apakah sekarang kamu sudah tertarik untuk menikmati sensasi angin sepoi-sepoi atau suasana romantis ala Twilight di tempat wisata hutan Pinus Imogiri ini? Jangan lupa persiapkan rencanamu dari jauh-jauh hari yaa. Terima kasih.

Ray Indra Taufik Wijaya

Content Writer and Founder of MELTIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *