Tambelan, Destinasi Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di Bintan

Ditulis Oleh: Ferina Putri Irawan 

Tambelan adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Tambelan termasuk salah satu kecamatan terbesar di provinsi ini yang dikenal dengan pulau 7. Kekayaan alam yang ada di dalamnya sangat patut untuk kita acungi jempol. Tidak hanya itu, masyarakatnya pun sangat ramah khususnya terhapap para pendatang dari turis mancanegara hingga lokal.

Merasakan Liburan yang Sesungguhnya

Kawasan ini bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi jika kamu ingin benar-benar liburan dan menghindari tugas dan pekerjaan, karena internet di sana cukup sulit untuk dijangkau. Namun semuanya sepadan, karena kamu akan merasakan liburan yang sesungguhnya. Bagaimana cara mengunjungi Tambelan? Kamu bisa menaiki kapal ferry (sekitar 7 jam perjalanan) atau kapal sabuk/kapal besar (1 hari 1 malam perjalanan) dari Tanjungpinang. Perihal waktu keberangkatannya biasanya ada sekali dalam seminggu.

Kita patut berbangga dengan Indonesia tercinta kita ini, kekayaan alamnya sangat luar biasa, mulai dari laut hingga daratannya. Tak terkecuali dengan Tambelan ini. Jika kamu ingin menikmati pantai yang belum terjamah oleh tangan-tangan manusia perusak, maka Tambelanlah pilihannya. 

Tambelan
Kejernihan air di Tambelan

Wih, lihat jernih sekali yaa airnya? Tidak hanya itu, bahkan ikan-ikan kecil seperti ikan badut hitam (black clownfish) dan juga bintang laut bisa kamu lihat dengan mudah di sekitar bibir pantai. Oiya, untuk mencapai pantai ini kamu butuh perjuangan, tapi percayalah perjuangannyamu tidak akan sia-sia. Kamu harus naik-turun gunung terlebih dulu untuk mencapai pantai ini. Di sepanjang perjalanan, di samping kiri dan kanan kamu akan disuguhi oleh pemandangan indah nan eksotis dari hutan dan kebun yang masih alami. Saat ke sana, disarankan sebaiknya kamu dipandu oleh warga pribumi. Tenang saja, warga setempat sana sangat ramah kok.

Keramahan Warga Lokal dan Keunikan Tambelan

Berbicara mengenai warga Tambelan, mereka adalah salah satu kelompok yang masih menanamkan sikap sebagai warga Indonesia yang sebenarnya. Sikap toleransi dan gotong royong masih melekat pada diri mereka. Kamu yang nanti akan berlibur ke sana, namun tidak memiliki sanak saudara, kamu bisa menumpang di salah satu rumah warga, karena di sana belum tersedia penginapan atau hotel.

Baca Juga: Hutan Romantis ala Film Twilight di Imogiri

Tambelan ini unik, selain luasnya yang sebesar satu pulau. Di sana pun tidak ada yang namanya pasar. Bisa kamu bayangkan? Lalu, bagaimana jika ingin membeli kebutuhan untuk memasak, makan, dsb? Nah, di sinilah keunikannya, kamu akan mempelajari arti hidup yang sebenarnya karena di sini untuk bisa makan saja kamu harus berjuang dan bersusah payah dulu. Salah satunya, yaitu dengan cara memancing di laut jika kamu ingin makan seafood atau memanen di kebun jika kamu ingin makan sayur-mayur. Tapi jangan khawatir, seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa warga di sana sangat ramah, tentu saja mereka akan siap membantumu.

Keunikan lainnya lagi, jalan raya di Tambelan sana hanya sepanjang 3 km. Jadi, jika kamu ingin mengeliling Tambelan, kamu cukup berjalan kaki atau kamu bisa meminjam salah satu motor milik warga. Apa warga sana tidak takut jika nanti motornya hilang atau dicuri orang? Mereka tidak khawatir, toh daerahnya juga terbilang tidak luas.

Oiya, jika kamu ingin melihat fauna di sana, kamu tidak perlu jauh-jauh masuk ke dalam hutan, cukup berdiri di depan teras rumah dan kamu akan melihat beberapa monyet bergelantungan di pohon. Tenang saja, para monyet tersebut tidak akan mengganggumu atau masuk seenaknya ke dalam rumah warga.

Tambelan, Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi

wisata bintan tambelan
Tambelan

Terakhir, bagi kamu yang khawatir tidak bisa menghubungi keluarga di rumah. Meskipun Tambelan termasuk daerah yang sulit untuk mendapatkan sinyal, tetapi setidaknya kamu masih bisa menelepon dan SMS. Di sana pun terdapat 2 tower yang berdiri tegak, kalaupun tidak tidak ada jaringan, yaa kamu bisa memakai jaring ikan milik warga. *becanda

Bagaimana menurutmu Tambelan ini? Saranku, jika kamu memang tertarik untuk liburan ke sana. Kamu harus membuat plan jauh-jauh hari dan menyiapkan segalanya. Kamu tidak akan menyesal liburan ke Tambelan, karena di sana kamu akan merasakan berbagai pengalaman yang tidak akan pernah bisa kamu lupakan. Semoga artikel traveling ini bisa menambah kecintaan kita terhadap Indonesia. Terima kasih.

Meltik

Admin Meltik

2 thoughts on “Tambelan, Destinasi Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di Bintan

  • 30/09/2017 at 21:05
    Permalink

    Bintan terbaek

  • 02/10/2017 at 19:52
    Permalink

    Kyanya kamu orang Bintan juga yaa? Hhe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *